Gelontorkan APBD Sebesar Rp4 Miliar, Pemprov Kaltara Bangun Balai Pelatihan UMKM-IKM

- 9 September 2020, 11:57 WIB
Gubernur Kaltara Irianto Lambrie /Humas Prov Kaltara

Kaltara Bicara –  Pemerintah Provinsi Kaltara menggelontorkan dana hingga Rp4 Miliar untuk membangun balai pelatihan bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan industri kecil menengah (IKM) di Kaltara.

Menurut data Bank Indonesia, kontribusi UMKM terhadap PDB nasional saat ini mencapai Rp8.573,89 triliun atau sekitar 61,07 persen dari total PDB. Dengan kontribusi sebesar itu, ditengah masa pandemi UMKM perlu diperkuat dan diproteksi agar tak mengalami kerugian yang signifikan.

“Balai pelatihan ini dibangun sebagai salah satu bentuk perhatian Pemprov Kaltara untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia pelaku UMKM dan IKM, serta kemajuan usaha mereka,” ungkat Gubernur Kaltara, Irianto kepada Humas Provinsi Kaltara dan dikutip oleh tim KaltaraBicara, Selasa (9/9).

Baca Juga: Paslon Udin Hianggio – Udunsyah Dibuat Bingung Dengan Tes Psikotes Pilkada Kaltara 2020

Balai pelatiah dibangun di Sebatik, Kabupaten Nunukan, tepatnya di Desa Balainsiku, Kecamatan Sebatik. Balai tersebut nantinya akan dijadikan tempat pelatihan bagi para pelaku UMKM maupun IKM.

Pembangunan balai pelatihan di Sebatik telah dimulai tahun ini. Untuk fisik gedungnya, bahkan pembangunan tahap I sudah mencapai 40 persen. Pada tahap ini, dialokasikan dana melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kaltara 2020 sebesar Rp4 Miliar.

Baca Juga: Pemprov Kaltara Genjot Program Pengentasan Kawasan Kumuh

Pembangunan balai latihan akan berlanjut pada 2021, dimana akan dialokasikan anggaran sebesar Rp12 miliar untuk pembangunan showroom dan asrama.

Showroom sendiri akan dimanfaatkan untuk menampung dan memamerkan hasil kerajinan para pelaku UMKM dan IKM di Kaltara.***

Halaman:

Editor: Nay


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X