Bulan Depan Hasil Tes SKB CPNS Tana Tidung Kaltara akan Diumumkan

- 14 September 2020, 12:44 WIB
Ilustrasi SKB CPNS Formasi Tahun 2019. * /Dok. Setkab

KaltaraBicara - Peserta tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS Kabupaten Tana Tidung yang berlangsung selama empat hari tanggal 3-6 September hasil kelulusan resmi sesuai jadwal akan diumumkan Oktober bulan depan.

Pada pelaksanaan tes SKB panitia pelaksana tetap menerapkan protokoler kesehatan sebagai antisipasi penanggulangan Covid-19.

Total sari 310 peserta, tidak ada yang reaktif Covid-19.

Baca Juga: Gubernur DKI Jakarta Izinkan 25 Persen Kantor Terisi Saat PSBB Total

Iwanto selaku Kepala BKSDM Kabupaten Tana Tidung mengatakan, sejak tanggal 3-6 September pelaksanaan tes SKB kepada 310 peserta. Peserta ini yang dinyatakan lulus tes seleksi kompetensi dasar (SKD) 2019 lalu.

"Dalam data kami, jumlah peserta yang seharusnya mengikuti SKB 310 orang, namun pas pelaksanaan 4 orang peserta yang tidak hadir, dan sampai saat ini belum ada alasannya mengapa empat orang ini tidak hadir," ujarnya.

Ia menambahkan, setelah ujian SKB, selanjutnya nanti panitia akan melakukan validasi data hasil SKD dan hasil SKB.  Setelah itu, peserta yang memperoleh hasil nilai integrasi SKD dan SKB tertinggi pada setiap formasi nantinya akan lulus menjadi CPNS.

"Insyallah hasil SKB akan diumumkan pada Oktober nanti, sekarang BKN masih akan merapatkan lagi. Jadi masih ada tahapannya, nanti dari BKN selesai baru diumumkan serentak, kita masih menunggu," imbuhnya.

Selain itu, pelaksanaan SKB yang dilakukan serentak se-Indonesia akan berakhir pada 12 September. "Sampai hari ini masih ada daerah lain yang menggelar tes SKB karena tiap daerah kan beda-beda jumlah kelulusan SKD. Jadi sampai tanggal 12 September masih ada daerah yang melaksanakan tes SKB," terangnya.

Saat ini para peserta SKB tinggal menunggu pengumuman kelulusan dan selanjutnya pemberkasan untuk usulan mendapatkan Nomor Induk Pegawai (NIP). 

Baca Juga: Perhatikan Aturan Baru yang wajib Dipatuhi Pada PSBB Total Jakarta

"Kepada seluruh peserta tes SKB untuk tetap bersabar menunggu hasil kelulusannya karena saat ini masih dalam validasi dari panitia, setelah selesai baru akan diumumkan serentak," tuturnya.

Kita ketahui pelaksanaan SKB di tengah pandemi Covid-19, maka perlu persiapan dan prosedur untuk tetap menerapkan protokol kesehatan selama pelaksanaan tes SKB

"Semua telah kami persiapkan, berbagai fasilitas pendukung dalam mencegah Covid-19, tim yang bertugas pun semua wajib mengenakan peralatan pelindung sebagaimana protokol kesehatan, selain itu peserta juga wajib mematuhi arahan dari petugas tes," terangnya. 

Selanjutnya untuk antisipasi dari virus Covid-19, ruangan tes sistem computer assisted test (CAT) juga selalu disterilkan dengan penyemprotan disinfektan sebelum peserta masuk ruangan, bagitu juga setiap kursi disterilkan untuk memutus mata rantai Covid-19. 

Baca Juga: RSJ Lampung Telusuri Rekam Jejak Pria Penusuk Syekh Ali Jaber

"Peserta sebelum masuk wajib dicek suhu dan memakai handsanitizer serta menggunakan masker dan face shield. Alhamdullilah berjalan baik dan aman semua peserta bebas dari Covid- 19," sambungnya.

Dari salah satu peserta bidang agama, Imam Abdul Sobar (34) mengatakan, dirinya merasa legah. Pasalnya, setelah dinyatakan lulus tes SKD dirinya harus menunggu beberapa bulan untuk ujian SKB lagi. 

"Alhamdulillah tidak sia-sia usaha saya belajar salama ini, dari awal tes SKD sampai tes SKB semua berjalan dengan lancar dan hasilnya juga saya bisa lulus," ujar Imam.

Meski pengumuman resmi panitia SKB belum bisa diketahui, namun hasil tes tersebut dirinya memperoleh nilai lebih dari standar yang ditentukan.

Baca Juga: Mahfud MD, Minta Segera Usut Motif Penusuk Syekh Ali Jaber

"Pada saat selesai tes kan sudah ketahuan nilainya, jadi pas tes SKB itu sudah kelihatan hasilnya. Tinggal menunggu hasil resmi yang diumumkan oleh panita lagi. Kalau sudah keluar tinggal tahap pemberkasan nanti," pungkasnya.

Editor: Ian


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X